Latest News

Arti Makna yang Tersirat dalam Nasi Tumpeng

Senin, 30 Mei 2011 , Posted by vint zevent at 21.27

Tumpeng merupakan sajian nasi kerucut khas indonesia dengan aneka lauk pauk yang ditempatkan dalam tampah (nampan besar, bulat, dari anyaman bambu). Tumpeng merupakan tradisi sajian yang mungkin sering kita lihat baek lou dalm upacara selamatan atou pesta rakyat 17 agustusan Tumpeng pasti selalu ada..
Dalam setiap sajian yang ada dalam nasi tumpeng memiliki makna mulai dari kerucut tumpeng yang berada paling atas, badan tumpeng, lauk pauk,sayur sayuran  hingga wadah tumpeng yang selalu terbuat dari wadah tradisional beralaskan daun pisang.

Kerucut tumpeng artinya.
 Kerucut tumpeng berbentuk gunungan  yang melambangkan tangan merapat menyembah kepada Tuhan yg maha esa.
Bentuk gunungan ini juga bisa diartikan sebagai harapan agar kesejahteraan hidup kita pun semakin “naik” dan “tinggi”.
Arti Lauk pauk yg terdapat di nasi tumpeng adalah..
Ayam: ayam jago (jantan) yang dimasak utuh ingkung dengan bumbu kuning/kunir dan diberi areh (kaldu santan yang kental), merupakan symbol menyembah Tuhan dengan khusuk (manekung) dengan hati yang tenang (wening). Ketenangan hati dicapai dengan mengendalikan diri dan sabar (nge”reh” rasa). Menyembelih ayam jago juga mempunyai makna menghindari sifat-sifat buruk (yang dilambangkan oleh, red) ayam jago, antara lain: sombong, congkak, kalau berbicara selalu menyela dan merasa tahu/menang/benar sendiri (berkokok), tidak setia dan tidak perhatian kepada anak istri.
Telur: telur direbus pindang, bukan didadar atau mata sapi, dan disajikan utuh dengan kulitnya, jadi tidak dipotong – sehingga untuk memakannya harus dikupas terlebih dahulu. Hal tersebut melambangkan bahwa semua tindakan kita harus direncanakan (dikupas), dikerjakan sesuai rencana dan dievaluasi hasilnya demi kesempurnaan.
Piwulang jawa mengajarkan “Tata, Titi, Titis dan Tatas”, yang berarti etos kerja yang baik adalah kerja yang terencana, teliti, tepat perhitungan,dan diselesaikan dengan tuntas. Telur juga melambangkan manusia diciptakan Tuhan dengan derajat (fitrah) yang sama, yang membedakan hanyalah ketakwaan dan tingkah lakunya.
Sayuran dan urab-uraban: Sayuran yang digunakan antara lain kangkung, bayam, kacang panjang, taoge, kluwih dengan bumbu sambal parutan kelapa atau urap. Sayuran-sayuran tersebut juga mengandung symbol-simbol antara lain:
kangkung berarti jinangkung yang berarti melindung, tercapai.
Bayam (bayem) berarti ayem tentrem,
taoge/cambah yang berarti tumbuh,
kacang panjang berarti pemikiran yang jauh ke depan/innovative,
brambang (bawang merah) yang melambangkan mempertimbangkan segala sesuatu dengan matang baik buruknya,
cabe merah diujung tumpeng merupakan symbol dilah/api yang meberikan penerangan/tauladan yang bermanfaat bagi orang lain.
Kluwih berarti linuwih atau mempunyai kelebihan dibanding lainnya.
Bumbu urap berarti urip/hidup atau mampu menghidupi (menafkahi) keluarga.
 
Warna dari unsur-unsur nasi tumpeng juga memiliki makna:
1. Kuning :emas - rezeki atau ketamakan
2. Merah  :kemarahan sifat manusia
3. Hijau    :rasa Iri
Ada tradisi tidak tertulis yang menganjurkan bahwa pucuk dari kerucut tumpeng dihidangkan bagi orang yang profesinya tertinggi dari orang-orang yang hadir. Ini dimaksudkan untuk menunjukkan rasa hormat kepada orang tersebut.
Tetapi kalau kita amati sekarang kesekuleran nasi tumpeng ini sudah banyak berubah, tidak lagi sebagai sesajen tapi lbih ke arah komersilisasi saja.
tapi gak apa apa lah mungkin karena peruah jaman juga mak'a makna dari nasi tumpengpun ikut berubah hehe.
Kalau dulu awalnya nasi tumpeng itu hanya dipakai untuk sesajen acara ritual upacara tradisional yang mempunyai nilai “magis”, sekarang nasi tumpeng bisa dibilang sudah “turun derajat”. Tetapi walaupun demikian, nasi kuning malahan sudah menglobal alias sudah mendunia. hehe..
contonya.
Nasi tumpeng, nasi kuning tidak hanya dipakai sebagai sesajen untuk upacara tradisonal seperti yang dilakukan orang Jawa jaman dulu, tapi juga dibuat untuk acara pesta-pesta besar bergengsi bagi para selebritis dimanca negara, seperti di-Holywood he bangga juga makanan khas indonesia bsa go internasional hehe..
mudah''n makanan-makan khas indonesia yg lainya juga bsa go internasional sprti nasi tumpeng..
jadi lapar kalou nomongin makanan hehe.

Currently have 0 komentar:

Leave a Reply

Posting Komentar