Latest News

Kawah papandayan.

Rabu, 11 Mei 2011 , Posted by vint zevent at 06.07

Gunung Papandayan terletak di sekitar 25 Km sebelah barat daya Kabupaten Garut, dengan posisi geografis 7o19’ Lintang Selatan dan 107 o 44’ Bujur Timur dengan ketinggian 2665 Mdpl atau sekitar 1950 M diatas dataran Garut. Disebelah selatan gunung ini terdapat G. Guntur dan disebelah timurnya terdapat G. Cikuray.
Nama Papandayan, berasal dari bahasa sunda “Panday” yang berarti pandai besi. Dahulu, ketika masyarakat melintasi gunung ini, sering terdengar suara-suara yang mirip keadaan ditempat kerja pandai besi, suara itu berasal dari kawah yang sangat aktif. Demikianlah gunung ini kemudian dinamakan Papandayan oleh masyarakat disekitar gunung ini.
Untuk menuju kesana, kita harus melewati rute yang sulit, dimana kita akan menyebrangi kawah kawah secara langsung dan bagaimana bau belerang bisa tercium. MasyaAllah ini mungkin hal yang berbahaya dan unik namun berkesan, juga sungai sungai kecil entah itu yang berair panas maupun dingin sekali. awan awan akan terlihat sejajar disana dan membuat kita menjadi sangat kecil. membutuhkan waktu lebih dari sejam apalagi jika kita sering mengabadikan momen dengan kamera. waktu yang dibutuhkan akan terasa lebih lama lagi. udara semakin kita naik akan semakin dingin karena tekanan udara pun meningkat. Namun, sama sekali tidak menyesal jika kita melakukan wisata kawah ini karena akan mengingatkan kita betapa besarnya ciptaan sang Maha Kuasa.
G. Papandayan memiliki hutan alami yang hening, hutan alami ini dapat kita jumpai pada ketinggian 1900 – 2675 Mdpl. yang di beri nama hutan pondok saladah dan hutan tegal panjang.
gunung papandayan merupakan gunung aktiv yang parnah meletus pada tahun 11-12 agustus 1772 dan 11 november 2002.
Letusan tahun 2002 juga telah mengubah  G. Papandayan, material yang ditumpahkan telah menimbun dasar lembah dan mengubur aliran Sungai Ciparugpug. Sementara G. Nangklak mengalami longsor dahsyat bersamaan dengan terbentuknya beberapa kawah baru sampai sekarang.
G. Papandayan selain dikenal banyak orang karena panorama alam, keindahan kawah dan sunrisenya yang memikat, juga dikenal banyak orang karena kondisi gunungnya yang dapat dijadikan sumber ilmu pengetahuan bagi para pemerhati gunung api. Termasuk bagi para pelajar, mahasiswa dan peneliti yang memerlukan data-data yang berkaitan dengan cabang ilmu pengetahuan alam seperti ilmu kehutanan, geologi, vulkanologi, geofisika dan lain-lain.
 untuk bisa mencapai kawah gunung papandayan kita kita bisa naik kendaran naek angkutan umum jurusan garut cikajang turun di alun alun cisurupan.
dari sana kita bisa melanjutkan dengan naik ojeg atou mobil yg bnyak tersedia melayani rute ke kawah papandayan..
tapi sayang jaln menuju kawah papandayan dari alun alun cisurupan menuju ke kawah papandayan kondisinya ruksak tapi masih bisa di lalalui dg kendaraan.
semoga pihak pemerintah terkait bisa memperhatikan jaln menuju ke kawah papandayan jadi lebih baik lgi.


























karena kawah papandayan merupak aset sangat berharga yg bisa meningkatkan pendapatan baerah dari segi obyek wisata..



Currently have 1 komentar:

  1. Crop says:

    Indah banget viewnya. apalagi travelingnya rame - rame bareng teman. keren :)

Leave a Reply

Posting Komentar